Kamis, 06 September 2012

Mengapa PSY Sukses di Amerika Sementara SNSD Tidak?




MV milik PSYGangnam Style saat ini sudah mencapai lebih dari 100 juta viewers di Youtube dalam waktu sekitar 50 hari dan menjadi idola dunia baru.
Pencapaian PSY ini menjadi sebuah fenomena baru bagi musik K-Pop. Karena PSY tidak melakukan promosi khusus ke luar negeri dan hanya mengupload MV Gangnam Style ke Youtube, namun popularitas global diraihnya dengan cukup singkat seperti dilansir kpopstarz.com.
Hal ini mengakibatkan sebuah pertanyaan besar, jika PSY sukses, mengapa artis K-Pop yang juga meraih viewers MV tinggi di Youtube tidak berhasil dalam karir di luar negeri? Sebelumnya girlband Girls Generation adalah pemegang viewers MV tertinggi di artis K-Pop di Youtube dengan lagu Gee yang meraih sekitar 84 juta viewers dalam waktu 3 tahun.
Girls Generation sendiri pernah mencoba tampil di publik Amerika dalam reality show, namun pencapaian karir dan kesuksesan global mereka belum mencapai tahap PSY. Sehingga perbedaan mendasar atas kesuksesan GirlGeneration dan PSY adalah karena perbedaan konten MV dan sasaran regional mereka.
Di mana jika Girls Generation lebih banyak ditonton oleh remaja perempuan berusia 13-25 tahun dari kawasan Asia, sementara PSY ditonton oleh sebagian pria berusia 20-35 tahun di berbagai kawasan. Gangnam Style mengusung humor yang bisa membuat orang asing begitu menikmati tanpa harus memahami musik Korea adalah salah satu kunci sukses popularitas yang kini dinikmati PSY.
Apakah kalian setuju?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar